Cara Mengatasi Telinga Berdengung

By | August 3, 2016

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Biasanya dengungan di telinga bakal semakin jelas kita rasakan saat dalam kondisi sepi atau hening. Suara dengungan ini bisa berlangsung sementara, bertahan dalam waktu yg lama, atau bisa muncul secara hilang timbul.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Saat ini kasus telinga berdengung semakin meningkat, berdasarkan survei 1 dari 100 orang pernah mengalami telinga berdengung. meskipun kelihatannya sepele, tapi problem telinga berdengung tersebut tak bisa di anggap enteng, karena bisa mengganggu konsentrasi, mengakibatkan susah tidur, & bisa memicu timbulnya depresi.

Telinga berdengung atau dalam bahasa medis disebut sebagai tinnitus, merupakan suatu keadaan di mana timbul adanya suara-suara abnormal yg berasal dari dalam telinga yg terdengar seperti berdengung, suara siulan, atau suara bising mesin. Tinnitus ada dua tipe, yaitu tinnitus subyektip & tinnitus obyektip. Tinnitus subyektip terjadi tapi suara abnormal yg timbul hanya bisa didengar oleh diri sendiri. Faktor penyebabnya biasanya dipicu oleh gangguan telinga bagian dalam, tengah, maupun luar, dan gangguan sarap pendengaran. Sedangkan tinnitus obyektip terjadi tapi suara-suara abnormal yg kita dengar pula bisa didengar oleh dokter saat melakukan pemeriksaan. Tinnitus obyektip tersebut biasanya diakibatkan sebab gangguan tulang telinga, kontraksi otot, atau problem di pembuluh darah.

Faktor penyebab Telinga Berdengung Sebelah Kiri

Di masyarakat, mungkin masih beredar mitos bahwa saat telinga berdengung maka terjadi suatu pertanda atau pirasat tertentu. yg namanya mitos tentunya ialah perkara yg tak bisa diuji kebenarannya & tak bisa dipikir dengan logika. tapi secara medis bahwa telinga berdengung sebelah kiri bisa diakibatkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Mendengar suara yg bising/sungguh keras

Telinga berdengung sebelah kiri bisa diakibatkan sebab mendengarkan suara yg bising atau sungguh keras, contohnya saat berada di dekat mesin pabrik yg beroperasi, mendengar suara mesin pesawat dari jarak yg dekat, suara konser musik, berada lama di kendaraan, & sebagainya.

2. Adanya kotoran dalam telinga

Adanya kotoran dalam telinga pun bisa menyebabkan telinga berdengung. perkara tersebut biasanya diakibatkan sebab telinga jarang dibersihkan. Selain itu, telinga berdengung juga bisa diakibatkan sebab adanya sumbatan di saluran telinga, contohnya sebab kemasukan air atau serangga kecil.

3. Posisi tubuh yg salah

Telinga berdengung sebelah kiri bisa diakibatkan sebab posisi tubuh yg salah, contohnya saja saat tidur, duduk, atau melakukan gerakan yg terlalu ekstrim. Posisis tubuh yg salah ini bisa mengakibatkan perubahan penekanan di sarap pendengaran sehinggga menyebabkan telinga berdengung.

4. Faktor Umur

Umur yg telah tua juga bisa mengakibatkan telinga berdengung sebelah kiri. perkara tersebut disebabkan pungsi organ pendengaran yg semakin menurun sehingga mengakibatkan terganggunya pungsi pendengaran, termasuk mengakibatkan telinga berdengung.

5. Dampak Negatif Penggunaan Obat

Faktor penyebab telinga berdengung sebelah kiri selanjutnya yaitu sebab epek samping pemakaian obat. makan obat kimia tertentu dalam jangka waktu yg lama bisa mengakibatkan epek samping tertentu yg diantaranya yaitu telinga berdengung. makan obat kimia memang biasanya memiliki kandungan epek samping, oleh sebab itu gunakanlah secara bijak & sesuai dengan petunjuk dokter.

6. Akibat Cedera

Mengalami cedera atau kecelakaan pula bisa mengakibatkan telinga berdengung sebelah kiri. Hali tersebut biasanya diakibatkan dampak terjadinya benturan di kepala yg berhubungan dengan saluran telinga atau sarap pendengaran.

7. Kekurangan zat besi (se)

Telinga berdengung sebelah kiri pula bisa diakibatkan sebab tubuh kekurangan nutrisi penting, diantaranya ialah jat besi. Selain bisa mengakibatkan anemia atau kurang darah, kekurangan jat besi ternyata pula bisa mengakibatkan telinga berdengung. Oleh sebab itu selalu sediakan asupan jat besi dalam menu harian Anda, terutama dengan mengonsumsi sayuran yg berwarna hijau.

8. Tekanan Pikiran

Banyak pikiran atau stres pula bisa mengakibatkan telinga berdengung sebelah kiri. Karena stres bisa mengakibatkan terhambatnya aliran darah dan kerja syarap di organ-organ tubuh, termasuk diantaranya ialah di bagian telinga. Apalagi telinga letaknya berdekatan dengan otak atau pusat koordinasi & pikiran sehingga tapi seseorang mengalami stres, organ telinga bisa ikut terganggu.

9. Mengidap penyakit tertentu

Telinga kiri berdengung bisa diakibatkan sebab seseorang mengidap penyakit tertentu. Penyakit ini antara lain yaitu sebab penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi, adanya tumor di kepala atau di leher, penyakit aterosklerosis, penyakit meniere (gangguan telinga bagian dalam), & tumor neuroma akustik (tumor di bagian otak yg berhubungan dengan sarap pendengaran).

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Untuk mengobati telinga berdengung tapi faktor penyebabnya masih relatip ringan, kita bisa mengobatinya sendiri tanpa mesti pergi ke dokter. Tetapi tapi tanda yg dirasakan telah cukup berat maka sebaiknya kita berkonsultasi ke dokter buat pengobatan lebih lanjut. buat mengobati telinga berdengung yg bisa kita lakukan ialah sebagai berikut:

1. Menjauhi suara yg keras

Anda sebaiknya mengjauhi suara bising/sungguh keras antara lain yaitu tak berada di dekat sumber suara atau menggunakan alat penutup telinga saat berada di dekat suara yg keras/bising.

2. Merawat kebersihan telinga

Hal yg sungguh penting buat mengobati telinga berdengung yaitu dengan merawat kebersihan telinga. Bersihkan telinga kita secara rutin dengan memakai bahan yg lembut & steril.

3. Melakukan relaksasi

Melakukan relaksasi pula bisa mengurangi telinga yg berdengung, caranya antara lain yaitu dengan melakukan teknik pernapasan, yoga, senam taichi, pijat repleksi, & sebagainya. Relaksasi bisa melancarkan peredaran darah ke telinga dan bisa meredakan stres.

4. Menjauhi ruangan yg terlalu hening

Selain mengjauhi suara bising, tapi mengalami telinga berdengung kita pula sebaiknya mengjauhi ruangan yg terlalu hening. Karena ruangan yg terlalu hening atau senyap bakal mengakibatkan dengungan dalam telinga kita bertambah jelas & semakin mengganggu. kita bisa memakai bantuan suara musik kesukaan kita dengan suara yg lembut buat mengjauhi suasana yg terlalu hening ini.

Selain menerapkan cara-cara di atas, buat mencegah terjadinya gangguan di telinga berupa telinga berdengung sebelah kiri, kita bisa menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup ini antara lain yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dengan giji seimbang, terutama makanan yg tinggi bakal jat besi. Lalu jauhi rokok & alkohol sebab bisa merusak sel-sel & jaringan tubuh termasuk di saluran telinga. Ciptakan keenangan dalam pikiran kita buat mengjauhi stres, selalu jaga keselamatan supaya terhindar dari benturan di kepala, & tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarangan, & melakukan olahraga dengan cara teratur buat merawat daya tahan & kebugaran tubuh.

tapi telinga berdengung sebelah kiri yg kita alami telah sungguh mengganggu, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter terutama spesialis THT supaya dilakukan pemeriksaan & memperoleh solusi yg terbaik. Dokter bakal mendeteksi faktor penyebabnya & memberikan terapi atau obat-obatan sesuai hasil pemeriksaan yg diperoleh.

obat keputihan <=

Posted by : obat herbal yang bagus

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *