Cara Mudah Terbebas dari Narkoba

By | August 16, 2016

Cara Mudah Terbebas dari Narkoba

Cara Mudah Terbebas dari Narkoba – Narkoba yg beredar di Indonesia bisa digolongkan dalam 2 tipe yaitu narkotika tipe tanaman seperti ganja & tipe bukan tanaman seperti putaw, sabu, ecstasy/ineks, & heroin (tipe bukan tanaman tersebut disebut dengan istilah psikotropika).

Cara Mudah Terbebas dari Narkoba

Di Indonesia, penyalahgunaan terhadap narkoba bisa dipidanakan baik dengan pidana kurungan maupun rehabilitasi. Pidana terhadap penyalahgunaan narkoba tersebut dikategorikan sebagai diantara pidana khusus. Undang-undang yg mengatur mengenai penyalahgunaan narkoba tersebut ialah UU No.35/2009 tentang Narkotika yg merupakan pembaruan dari UU No.22/1997 tentang narkotika & UU No.05/1997 tentang Psikotropika.

Sebagai diantara pidana khusus, maka kasus penyalahgunaan narkoba tersebut terkait erat dengan PP No.28/2006, di mana seorang narapidana pidana khusus mesti menjalani 1/3 dari masa pidananya baru lalu bakal memperoleh haknya seperti remisi & lain-lainnya (Kecuali pengguna murni yg terjerat pasal 127 UU No.35/2009).

Peredaran Narkoba di Indonesia telah termasuk mengkuatirkan, banyak merusak generasi muda, sadar bakal akibatnya tapi sulit menghilangkan & memberantasnya. Dalam pengalaman & perjalanan hidup saya pernah menyaksikan sendiri bagaimana tragisnya nasib seorang pecandu berat narkoba terutama tipe psikotropika. Badan yg tadinya kekar, kuat, tegap & padat berisi, hanya dalam hitungan bulan menjadi seperti mayat hidup/jombie. Mengerikan!. Apalagi di tambah dengan ancaman penyebaran HIV/AIDS di kalangan pecandu Putaw dampak dari penggunaan jarum suntik/insul secara bersama-sama tanpa memperhatikan kebersihan insul itu sendiri. Satu orang terserang HIV/AIDS, maka bakal menular ke yg lainnya yg memakai insul yg sama.

Lantas bagaimanakah tips memberantas narkoba itu sendiri ?

tapi itu tentunya bukan menjadi wewenang saya. tapi saya berpandangan, jika tak ada lagi yg memakai sesuatu, maka yg mengedarkan juga bakal ikut berkurang bahkan hilang, jika telah tak ada yg memakai & mengedarkan, maka tentunya tak bakal ada lagi yg memproduksi. gampang, kelihatannya… kenyataannya sulit & sungguh sulit. Narkoba meracuni seseorang dari sebuah perkataan awal yaitu “mencoba”… mencoba dengan berbagai alasan… entah itu sebab pelarian dari sebuah problem yg berat… entah itu sebab epek dari pergaulan yg tak pas… & beragam alasan lainnya.

Lantas bagaimana caranya jika seseorang telah begitu kecanduan dapat sembuh atau disembuhkan?

Berikut saya kisahkan pengalaman saya di lapas menyaksikan bagaimana seorang & pula beberapa & bahkan banyak pengguna yg dapat sembuh dari kecanduannya secara tak sengaja & sebab kondisi yg memaksa. Jika dikatakan kondisi yg memaksa… buat sembuh dari kecanduan narkoba memang mesti dipaksakan dengan tekad yg kuat & pula campur tangan dari pihak lain.

Ini kisahnya… Kisah seorang teman yg merupakan pecandu kelas berat psikotropika tipe Putaw. Sebutlah namanya ialah Ucok.

Ucok ialah seorang terpidana kasus penghilangan nyawa orang lain dengan hukuman selama 14 thn. Dengan alasan stress & berat pikiran semenjak di rutan selama menjalani masa tahanan & persidangan sampai lalu menjalani hampir 2 thn di dalam rutan & selama itu juga ia menjelma dari yg tak tahu menahu soal narkoba menjadi seorang pecandu kelas berat Psikotropika tipe Putaw. (bila kita simak maka narkoba bukan hanya meracuni pengguna yg sudah terhukum tapi pula meracuni terhukum yg bukan kasus narkoba).

Dengan hukuman yg tinggi, posisi Ucok di untungkan sebab menjadi pentolan alias diantara yg di tuakan & di segani di dalam rutan. tapi ada satu ketakutannya yaitu ia takut dipindahkan ke Lapas. Dengan segala trik ia berusaha supaya sesudah proses persidangan selesai, tidak boleh hingga dirinya di pindahkan ke Lapas, sebab banyak gosip bahwa seorang pentolan bakal di hajar habis-hadapatn jika dipindahkan ke Lapas. Gosip di hajar bukan hanya oleh petugas tapi pula oleh warga binaan lainnya. Itulah yg menghantui pikiran Ucok.

Jadi begitu bakal dipindahkan & dipanggil namanya… dengan segera Ucok menyuntikkan Putaw sebanyak-banyaknya ke dalam tubuhnya. Sehingga begitu tiba di Lapas, pihak Lapas juga menolak sebab kecanduan Ucok yg parah… akhirnya Ucok di kembalikan ke Rutan & di tempatkan di rumah nyeri Rutan. Demikian sampai beberapa kali terjadi seperti itu.

Apesnya Ucok & akhirnya pihak Lapas menerima sebab memang telah tak ada alasan seorang terpidana yg telah lengkap berkasnya berada di rutan yg diperuntukkan untuk tahanan. & itu berbarengan dengan saya saat pemindahan. Ucok juga akhirnya menjadi warga binaan di Lapas. Sebagai Warga Binaan baru… maka bakal menjalani masa pengasingan atau sterilisasi di sel yg berada di atas menara. tak sebebas Warga Binaan lainnya yg sudah lama menghuni Lapas itu.

Masa pengasingan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Selama 3 bulan itu yg dapat dilakukan hanya duduk, diam, kadang ngobrol dengan yg lain, konsumsi & lalu tidur. Bagaimana dengan Ucok? & bagaimana dengan para pecandu lainnya yg berada di sel itu selama hampir 3 bulan?

Jawabannya ialah… Dahsyat teriakan & mandinya. Ucok & beberapa pecandu mengerang, menggigil, mandi… berlangsung selama beberapa minggu… syukurnya Ucok & beberapa pecandu lainnya masih dapat makan. Makanan datang sehari 3 kali.

Hingga 2 bulan berlalu… & selama dua bulan, teriakan, gigilan, erangan Ucok & pecandu lainnya mulai berkurang… Wajah Ucok telah tampak mulai segar… agak tenang… meskipun masih menggigil… perkara itu teratasi dengan mandi & mandi.

Ngeri sekali menyaksikan pemandangan mereka kecanduan jika tak lagi menemukan narkoba… mau teriak juga siapa yg peduli kecuali pengantar makanan yg setia mengantar makanan pagi, siang, & sore.

3 bulan berlalu… masa pengasingan & sterilisasi selesai… dipindahkan ke blok umum… Ucok & beberapa pecandu lainnya telah sungguh segar… ia juga sempat bertutur di saya bahwa keinginan buat mengonsumsi Putaw telah hilang.

Hingga saya bebas… Ucok aktip dalam kegiatan-kegiatan di gereja Lapas. Ia sembuh dari kecanduan beratnya sebab prosedur pengasingan & sterilisasi.

Dari pengalaman menyaksikan perkara itu, saya mencoba menuangkan tersebut buat berbagi. perkara tersebut tentunya dapat diterapkan juga dengan kondisi yg lebih baik daripada ruangan & kondisi di penjara. Apabila ada teman, saudara yg kecanduan… maka sebelum terjerat hukum tak ada salahnya mencoba dari pengalaman yg saya tuturkan di atas.

Hal yg bisa dilakukan apaila ada teman atau saudara yg kecanduan narkoba… memang agak berat jika melihat mereka bakal mengidap… jika tak dimulai maka tak bakal berakhir.

Yang bisa anda lakukan:

  • Sediakan ruangan khusus, tapi perlu dengan pintu teralis. Ruangan lengkap dengan kamar mandi. sebab pecandu pasti bakal menggigil dampak kecanduan.
  • Sediakan bacaan cerita ataupun bacaan rohani bakal lebih baik
  • Perlu juga bila memungkinkan memanggil pemuka agama atau yg memahami agama sesuai kepercayaan masing-masing buat memberikan siraman rohani yg menenangkan untuk pecandu.
  • Sediakan makanan yg bergiji dengan menu 4 sehat 5 sempurna buat mengembalikan kesegaran tubuh si pecandu.
    Berikan pendampingan & semangat buat sembuh dari kecanduan narkoba.
  • Hiburan seperti televisi juga jika di rasa perlu silakan berikan.
    Sesudah seminggu atau dua minggu… ajak keluar pagi dari ruangannya buat sedikit berolah raga… terus menerus sampai kecanduannya benar-benar teratasi & sembuh.
  • Tidak boleh hingga pecandu kabur dari ruangan. sebab usaha buat mengatasinya bakal sia-sia.

Demikian… memang bakal menyedihkan menyaksikannya… tapi demi kesembuhan seorang pecandu… sebelum hukum menjeratnya. Hukuman buat penyalahgunaan narkoba sungguh berat. Minimal buat seorang pengguna murni dapat 2 thn. Demikian saya bagikan tips sederhana tersebut berdasarkan pengalaman & apa yg saya saksikan sendiri di dalam Lapas. ~Hsu

baca juga :

Cara Mudah Terbebas dari Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *