Diet Pasien Hipertensi

By | March 15, 2016

Diet Pasien Hipertensi

Diet Pasien HipertensiDiet Pasien Hipertensi — Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana sirukulasi darah berjalan tidak normal karena jantung memompa darah terlalu cepat. Hipertensi termasuk factor terbesar penyakit mematikan seperti jantung, stroke dan gagal ginjal.

Penyakit ini memiliki efek jangka panjang dan mempercepat terjadinya penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Kondisi tersebut kalau dibiarkan terus-menerus maka akan menyebabkan gangguan pada sistem kardiovasukuler yang berdampak pada penyakit jantung, stroke dan juga sakit ginjal.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menurunkan kembali tekanan darah kembali ke batas normal. Misalnya, dengan melakukan olahraga ringan, mengurangi asupan lemak dan membatasi jumlah pemberian cairan atau air minum kepada penderita hipertensi.

Orang yang terkena hipertensi sebaiknya menerapkan pola makan khusus yang berbeda dengan biasanya agar hipertensi tidak kambuh kembali. Misalnya seperti yang dirilis oleh DASH dengan menetapkan batas asupan kalori dari 1600 hingga 2600 kalori perhari,. Tergantung aktivitas harian yang dijalani. Rinciannya sebagai berikut :

  • 7-12 porsi buah dan sayuran
  • 6-11 porsi biji-bijian seperti gandum, barley, beras merah.
  • 2-3 porsi produk susu rendah lemak.
  • 3-5 porsi kacang-kacangan perminggu.
  • Maksimal 6 porsi ikan atau daging rendah lemak.
  • 2-3 porsi lemak baik, hindari lemak jenuh dan lemak trans
  • Maksimal 5 camilan rendah gula dan rendah lemak per minggu

Menurut studi para ahli, mereka membuktikan bahwa terdapat kaitan erat antara tingginya aupan sodium dengan naiknya tekanan darah. Karena itu, perlu mengontrol asupan sodium sebelum hipertensi terjadi. Untuk usia diatas 14 tahun, asupan sodium harus dibatasi maksimal 2300mg perhari. Bisa dikurangi secara bertahap hingga mencapai 1500mg perhari.

Konsumsi juga makanan berprotein yang rendah lemak seperti ikan, daging merah, alpukat, dan kacang-kacangan.  Selain sumber protein, mereka juga merupakan sumber zat besi, seng dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, sebaiknya makanlah makanan yang bersumber langsung dari alam. Lebih baik lagi  jika mempraktikan pola makan vegetarian dua hari dalam seminggu.

Posted By : Gamat QnC Teripang Emas 

Diet Pasien Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *