Faktor Utama Penyebab Asam Urat

By | May 25, 2016

Faktor Utama Penyebab Asam Urat

Akumulasi zat asam urat di dalam darah merupakan Faktor Utama Penyebab Asam Urat atau penyakit gout. Zat asam urat terbentuk dari limbah pemecahan zat purin yg ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar zat asam dibuang lewat ginjal dalam bentuk urin & sebagian kecil lainnya dibuang lewat saluran pencernaan dalam bentuk feses.

Faktor Utama Penyebab Asam Urat

Bila zat asam yg dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah yg diproduksi, dampaknya zat asam yg terakumulasi tersebut akan menciptakan kristal-kristal tajam natrium urat dengan ukuran mikro yg bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. saat kristal-kristal tajam ini masuk ke dalam rongga persendian & mengganggu lapisan lunak sendi, dampaknya terjadilah peradangan menimbulkan rasa sakit cukup serius

Baca juga : obat asam urat terbaik di dunia

Sendi yg paling banyak mengalami serangan penyakit zat asam yaitu sendi kaki & tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yg relatif lebih rendah daripada sendi lainnya.

Sendi selanjutnya yg juga rentan terkena serangan yaitu sendi lutut & siku. Sedangkan sendi yg jarang terkena serangan yaitu yg letaknya dekat dengan badan, misalnya sendi leher, punggung, pinggul, & bahu.

Terdapat beberapa factor yang bisa memicu naiknya produksi zat asam urat di dalam tubuh, diantaranya yaitu makanan, minuman keras, minuman dengan kadar gula tinggi, beberapa kondisi medis, obat-obatan, riwayat keluarga, serta jenis kelamin.

Makanan penyebab penyakit asam urat

Makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi dapat meningkatkan kadar zat asam pada tubuh. misalnya:

  • Jeroan (jantung, ginjal, otak,dan hati).
  • Sea food atau makanan laut seperti lobster, sarden, cumi-cumi dsb
  • Produk daging merah contohnya sapid an kambing
  • Minuman keras

Pecandu minuman keras mempunyai resiko terkea asam urat. Hal ini diakibatkan produksi asam urat di dalam hati akan meningkat, selain itu unsur alkohol juga dapat mengurangi jumlah zat asam yg dibuang lewat urin.

Jenis minuman keras yg mesti anda waspadai yaitu bir & spirit. Didalam bir terkandung zat purin yg tinggi dan berpotensi besar mengakibatkan asam urat.

Minuman dengan kadar gula tinggi

Menurut pakar kesehatan, minuman ringan dengan rasa yang manis atau mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit asam urat. Fruktosa sendiri merupakan zat gula alami yg ditemukan pada buah-buahan. Sedangkan minuman ringan diet atau minuman ringan yg kandungan gulanya rendah, tidak membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini.

Masalah kesehatan atau kondisi medis yg sebelumnya diderita pasien

Ada beberapa kondisi medis yg dapat meningkatkan risiko asam urat. Ini menunjukan bahwa seseorang akan rentan terserang asam urat bila dirinya mempunyai atau sedang mengidap:

  • Kadar lemak & kolesterol LDL diatas batas normal
  • Penyakit ginjal seperti batu dan gagal ginjal
  • Osteoartritis pada tangan, lutut, & kaki.
  • Diabetes atau penyakit dengan kadar gula darah yang tinggi
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Obat-obatan pemicu zat asam

Meningkatnya kadar zat asam serta risiko terkena penyakit asam urat dapat diakibatkan oleh beberapa jenis obat tertentu, di antaranya:

  1. Niacin yaitu obat yg digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.
  2. Diuretik atau pil air, yaitu obat yg digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi & juga mengobati akumulasi cairan di dalam tubuh yg tidak normal
  3. Aspirin.

Riwayat kesehatan keluarga

Penelitian para ahli telah membuktikan bahwa penyakit asam urat termasuk penyakit turunan lewat perpindahan gen. Dalam riset tersebut ditemukan bahwa 1 dari 5 pengidap mempunyai seorang anggota keluarga yg juga mengidap penyakit yg sama.

Kaitan jenis kelamin terhadap penyakit zat asam

Risiko wanita saat berada dalam masa subur untuk terkena serangan asam urat, lebih rendah daripada pria. Hal tersebut tidak terlepas dari peran hormon estrogen pada wanita yg mampu menurunkan kadar zat asam melalui ginjal. Sedangkan pada pria, kadar zat asam di dalam tubuh mereka meningkat selama masa puber, & tetap lebih tinggi dari wanita hingga dewasa.

saat wanita memasuki masa menopause, mereka juga akan berisiko terkena serangan asam urat, meski peningkatan kadar zat asam mereka tidak setinggi laki-laki. Itu sebabnya gejala serangan gout pada pengidap wanita terlihat lebih lambat dibandingkan pada pengidap pria.

artikel kesehatan lainnya :

posted by : obat alami Jelly gamat

Faktor Utama Penyebab Asam Urat

Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat Faktor Utama Penyebab Asam Urat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *