Penyakit Sinusitis

By | March 26, 2016

Penyakit Sinusitis

Penyakit SinusitisPenyakit Sinusitis merupakan kata dari bahasa latin yang terdiri dari 2 suku kata yaitu sinus yang berarti rongga dan itis yang berarti peradangan. Jadi sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus yang letaknya di sekitar dahi, antara mata dan disamping hidung.

Rongga sinus memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai pengatur sirkulasi udara agar senyawa volatile dapat menetap untuk memberi sinyal ke otak mengenai rasa atau bau yang dirasakan. Selain itu, rongga sinus memiliki fungsi sebagai saluran bagi lendir untuk keluar menuju hidung.

Rongga sinus harus terjaga kesehatannya, agar setiap proses pernafasan dapat berjalan dengan lancar tanpa terjadi hambatan apapun. Apabila rongga sinus ini rusak, atau mengalami gangguan, maka akan menimbulkan gejala yang sangat mengganggu pernafasan.

Sinusitis merupakan penyakit yang menyerang rongga sinus. Penyakit Sinusitis diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus sehingga menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Bakteri ini bisa secara langsung menyerang lewat udara atau media lainnya dan bisa juga muncul sebagai akibat penyakit lain yang tidak segera disembuhkan contohnya pilek dan flu. Bakteri atau virus penyakit tersebut, bisa menyebar hingga ke daerah sinus. Akibatnya sinus menjadi terinfeksi dan munculah penyakit sinusitis.

Sebab lainnya yaitu akibat alergi terhadap suatu partikel allergen seperti debu, serbuk sari, bulu hewan dsb. Bila sebabnya karena alergi, maka tidak bisa diatasi, selain dengan menjauhi semua factor yang menyebabkan alergi muncul seperti menjauhi semua benda yang bisa memicu alergi anda.

Baca juga :

Karena sinusitis adalah penyakit pada saluran pernafasan, maka gejala yang muncul akan mempengaruhi pernafasan sehingga tidak berjalan dengan normal. Berikut gejala yang muncul akibat penyakit sinusitis

Gejala Penyakit Sinusitis

  1. Nafas menjadi bau
  2. Hidung tersumbat
  3. Mengeluarkan lendir kental berwarna hijau pekat atau kuning
  4. Postnasal drip
  5. Batuk berdahak, dan akan memburuk ketika malam
  6. Adanya tekanan pada wajah
  7. Hidung meler -> Obat hidung meler
  8. Rasa sakit ketika wajah ditekan dan digerakan
  9. Berkurangnya daya pengecap
  10. Berkurangnya daya penciuman
  11. Sakit kepala
  12. Demam
  13. Gejala semakin memburuk ketika malam hari

Walaupun terbilang jarang, namun sinusitis yang tidak cepat disembuhkan bisa berakhir sangat berbahaya, apalagi bila sistem daya tahan tubuh penderita lemah. Karena virus sinusitis bisa menyebar hingga ke berbagai organ terutama otak dan akan memicu munculnya meningitis. Berikut beberapa bahaya komplikasi akibat penyakit sinusitis :

Komplikasi Penyakit Sinusitis

  1. Meningitis atau radang selaput otak
  2. Kelainan paru, seperti bronkhitis dan bronkhiektasis
  3. Memicu kambuhnya asma
  4. Hilangnya indra penglihatan secara permanen
  5. Rusaknya indra pendengaran
  6. Terjadinya sinusitis kronis atau jangka panjang

Diagnosis penyakit akan dilakukan dokter dengan menanyakan semua gejala yang dirasakan pasien. Namun, Sekitar 60% penderita sinusitis tidak perlu menemui dokter karena sinusitis yang disebabkan virus akan hilang apabila sistem imun telah mengenali dan melawan bakteri atau virus sinusitis. Penyakit Sinusitis normalnya membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya. Jika Anda menderita sinusitis ringan, obat-obatan pereda rasa sakit dan dekongestan akan membantu mengurangi gejala yang timbul.

Pemeriksaan sangat perlu dilakukan apabila gejala Penyakit Sinusitis tidak hilang selama lebih dari satu minggu. Operasi mungkin menjadi jalan terakhir apabila sinusitis yang diderita pasien sangat parah.

Sinusitis sebenarnya merupakan penyakit yang sangat mudah sekali kambuh. Akibatnya operasi yang berulangkali dilakukan tidak menjamin 100% kesembuhan. Pengaruh dari operasi tersebut hanya sementara dan mungkin bisa kambuh kembali apabila pasien tidak pintar-pintar menghindari semua factor penyebab sinusitis.

Namun, anda tak usah khawatir, karena kami menyediakan produk herbal QnC Jelly Gamat yang 100% alami dan sangat ampuh mengatasi sinusitis secara alami hingga ke akarnya. Pengaruhnya lebih baik daripada operasi, karena memiliki khasiat untuk menyembuhkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyakit. Alhasil, sinusitis akan sembuh secata tuntas dan mencegah penyakit tersebut kambuh kembali.

Untuk informasi lengkap mengenai produk ini, silakan anda berkunjung ke artikel kami sebelumnya dengan meng-klik tautan berikut ini – Obat sinusitis kronis ampuh

Itulah infomasi yang bisa kami sajikan untuk anda tentang Penyakit pada Sinus. semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesehatan untuk anda. Ammiin

Penyakit Sinusitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *