Penyebab Flek Paru Paru Pada Orang Dewasa

By | May 26, 2016

Penyebab Flek Paru Paru Pada Orang Dewasa

Penyebab Flek Paru Paru Pada Orang Dewasa diakibatkan oleh bakteri yg menjalar dari orang yg satu ke orang yg lainnya melalui tetesan mikroskopis. Hal ini dapat dilepaskan ke udara ketika seseorang pengidap gangguan ini mengalami batuk, berbicara, bersin, meludah, tertawa atau bernyanyi. Walaupun gangguan ini menular, namun pada kebanyakan penderita yg mengalami gangguan flek paru-paru (TB) yg sudah mendapatkankan terapi dengan tepat tidak bakal lagi menularkan penyakit ini.

Penyebab Flek Paru Paru Pada Orang Dewasa

Sejak tahun 1980 penyebaran virus HIV AIDS telah mengakibatkan peningkatan kasus flek paru-paru secara dramatis. Perkaran ini diakibatkan karna peradangan HIV AIDS bisa menekan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kesulitan mengontrol bakteri penyebab flek paru-paru. Hal ini bisa menunjukkan bahwa seseorang yg terpinfeksi virus HIV lebih memungkinkan untuk meningkatkan flek paru-paru.

Sebagian aspek yg bisa meningkatkan risiko terserang flek paru-paru diantaranya adalah :

Seseorang yg mempunyai sistem kekebalan tubuh yg menurun. Sebagian jenis penyakit & penggunaan obat-obatan tertentu bisa membuat sistem imunitas tubuh seseorang menjadi menurun yg pada akhirnya bisa menaikan risiko terjadinya gangguan flek paru-paru.

Seseorang yg berkunjung atau tinggal di tempat-tempat yg berpotesi untuk perkembangan virus TB misalnya Afrika, India, Pakistan, Rusia, Cina, & sebagian negara lainnya.

 

Kurangnya perawatan medis yg diakibatkan oleh kemiskinan baik itu karna penghasilan yg rendah, tinggal di tempat terpencil yg minim akses kesehatan bisa menaikan risiko terjadinya penyebaran virus penyebab flek paru-paru.

Penyalahgunaan zat misalnya penggunaan obat (bahaya narkoba) atau penggunaan alkohol bisa mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga menjadikan lebih mudah terhadap peradangan virus penyebab flek paru-paru. Selain itu pengguanaan produk tembakau misalnya rokok juga bisa menaikan risiko terserang flek paru-paru

Aspek tempat tinggal maupun jenis pekerjaan seseorang juga bisa meningkatkan risiko terserang flek paru-paru misalnya :  Seseorang yg bekerja sebagai tenaga kesehatan yg melakukan kontak dengan orang-orang yg terinfeksi virus TB secara intens bisa menaikan peluang untuk meningkatkan peradangan ini. Untuk itu sebaiknya memakai masker & selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan penderita bisa mengurangi risiko terserang flek paru-paru.

Seseorang yg tinggal atau bekerja di tempat-tempat yg padat penduduk serta mempunyai ventilasi yg buruk misalnya penjara, pusat imigrasi, maupun rumah jompo bisa menaikan risiko terjangkit virus flek paru-paru.

Seseorang yg tinggal di camp atau tempat-tempat pengungsian dengan kondisi yg buruk bisa menaikan risiko terserang flek paru-paru.

faktor lainnya 

  • Gangguan HIV / AIDS
  • Diabetes
  • Penyakit ginjal stadium akhir
  • Sebagian jenis kanker tertentu
  • Penggunaan obat-obatan kemoterapi untuk pengobatan kanker
  • Penggunaan obat untuk transplantasi organ tubuh
  • Sebagian obat yg digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, penyakit Crohn & psoriasis
  • Malnutrisi (kekurangan nutrisi dalam tubuh)
  • Anak-anak maupun lansia

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa memenuhi informasi yang pembaca harapkan. Dan semoga dengan informasi ini bisa menambah tingkat waspada kita terhadap peluang penyakit yang tersebar disekirat tempat tinggal

posted by : jelly Gamat QnC di apotik

baca juga : 

Penyebab Flek Paru Paru Pada Orang Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *